Wednesday, July 10, 2019

Cara Mengecek NUPTK Terbaru



CARA CEK NUPTK TERBARU

Selamat berjumpa kembali di blog gurusdkuid.blogspot.com
Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial singkat mengenai bagaimana cara mengecek NUPTK apakah masih aktif atau sudah tidak aktif (non aktif) .

Nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) merupakan sebuah nomor yang sangat penting untuk dimiliki khususnya bagi seorang guru.
Saat ini untuk mendapatkan NUPTK maka harus melalui beberapa tahapan serta harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah di tentukan. Apabila seluruh persyaratan telah sesuai maka anda dapat mengajukan pengusulan untuk bisa mendapatkan NUPTK.




Dengan memiliki NUPTK maka seorang guru akan merasa tenang sebab apabila guru telah memiliki nomor NUPTK maka jika ada program Pendidikan yang mengharuskan untuk di ikuti dengan syarat harus memiliki NUPTK maka hal tersebut sudah tidak lagi menjadi kendala.

Bagi anda yang sampai saat ini belum memiliki nomor NUPTK dan ingin melakukan pengusulan atau pengajuan nomor NUPTK baru maka anda dapat mengikuti langkah-langkah pengusuan untuk mendapatkan NUPTK melalui penjelasan yang telah saya berikan melalui postingan yang telah saya publish sebelumnya yaitu mengenai cara terbaru untuk melakukan pengusulan NUPTK dan apabila anda telah mengikuti seluruh penjelasan yang ada pada artikel tersebut maka tentunya anda akan berhasil untuk memperoleh NUPTK baru.

Selain itu pada postingan sebelumnya juga saya telah menjelaskan tentang persyaratan terbaru untuk mengusulkan NUPTK yang mana saat ini untuk bisa mendapatkan NUPTK sudah tidak di perlukan lagi menggunakan SK Bupati melainkan dapat menggunakan SK dar Dinas dan juga saat ini metode untuk memperolah Approve pengusulan NUPTK sudah tidak lagi sama dengan yang sebelumnya dimana saat ini LPMP menjadi tempat approve yang terakhir untuk bisa mendapatkan penerbitan NUPTK.
Untuk lebih jelasnya maka silahkan anda baca penjelasan mengenai Persyaratan terbaru pengajuan NUPTK tahun 2019/2020.

Melalui blog gurusdkuid.blogspot.com saya telah banyak membagikan informasi seputar Pendidikan mulai dari info NUPTK, info sertifikasi dan yang paling banyak di kunjungi adalah mengenai perangkat pembelajaran lengkap dan terupdate mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA dan SMK.
Apabila anda membutuhkan informasi penting seputar dunia Pendidikan maka di blog tersebutlah anda akan mendapatkan banyak penjelasannya.

Bagi anda yang sudah memiliki NUPTK dan belum pernah mengecek apakah nomor NUPTK yang anda milikii tesebut masih aktif atau sudah di non aktifkan, maka melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara mudah dalam mengecek NUPTK aktif atau non aktif.

Informasi ini sangat penting bagi anda karena anda akan mengetahui bagaimana sebenarnya status yang terdapat pada NUPTK yang selama ini telah anda miliki. Apabila anda tidak pernah mengecek NUPTK anda maka bisa jadi nomor NUPTK yang anda miliki tersebut sudah tidak aktif, apalagi jika anda juga sudah tidak lagi aktif pada satuan Pendidikan tempat anda bertugas.

Baiklah untuk lebih jelasnya menganai cara dalam mengecek NUPTK aktif atau non aktif maka berikut ini penjelasannya :

1.   Pertama-tama silahkan anda kunjungi link di bawah ini :

2.   Setelah tampil seperti pada gambar di bawah ini, maka silahkan anda pilih “Status NUPTK”



3.   Selanjutnya silahkan anda masukkan nomor NUPTK anda kedalam kotak yang telah di sediakan jika sudah kemudian lanjutkan dengan mengklik logo pencarian seperti pada gambar di bawah ini



4.   Apabila langkah diatas telah anda lakukan dengan benar maka akan tampil status NUPTK anda saat ini apakah aktif atau sudah tidak aktif.
Berikut ini contoh gambar status NUPTK yang masih berstatus aktif, seperti yang terlihat pada tampilan gambar di bawah ini



Bagaimana apakah anda ingin mencobanya untuk mengetahui bagaimana status NUPTK anda saat ini???
Penjelasan di atas saya rasa sangat mudah untuk dilakukan dan anda tentunya dapat melakukannya dengan baik dan yang terpenting untuk bisa melakukan pengecekan NUPTK anda apakah masih aktif atau sudah di non aktifkan maka tentunya anda terlebih dahulu harus sudah memiliki nomor NUPTK yang akan di cek statusnya tersebut.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya berikan melalui postingan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan semoga setelah anda membaca dengan baik penjelasan yang telah saya berikan tersebut anda dapt menerapkannya untuk keperluan anda masing-masing khususnya dalam hal mengecek NUPTK anda masing-masing.


Disqus Comments