Tuesday, June 11, 2019

Cara Mengganti Password Login VervalPD,VervalPTK,VervalSP



Selamat berjumpa lagi di blog gurusdkuid.blogspot.com
Apakah anda pernah mendengar tentang dapodik ?
Jika anda pernah mendengar tentang dapodik maka tentunya anda juga mengetahui bahwa dapodik merupakan suatu aplikasi yang di gunakan oleh setiap sekolah baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia dengan tujuan untuk mempercepat pengiriman data masing-masing sekolah ke server pusat.

Berbicara tentang dapodik tentunya tidak lepas dari peran penting seorang operator dapodik. Seperti yang kita ketahui bahwa tugas seorang operator dapodik tidaklah mudah sebab banyak beban yang harus dipikulnya mulai dari penginputan data peserta didik, data sarana dan prasarana, data pendidik dan kependidikan serta harus siap dalam menangani persoalan data yang harus di update setiap waktu sesuai dengan kebutuhan sekolah.


Wajar saja jika operator dapodik sering di juluki sebagai jantungnya sekolah sebab di tangan operator dapodiklah seluruh tumpuan data sekolah berada. Apabila operator dapodik salah dalam menginput data tentunya akan berdampak kepada kualitas sekolah, belum lagi jika ada data-data guru yang salah maka akan berakibat kepada tidak dapatnya guru tersebut dalam mencairkan tunjangannya.

Tugas operator dapodik bukan hanya sekedar menginput data-data yang berhubungan dengan data sekolah saja tetapi juga harus siap dalam memperbaiki data-data sekolah yang salah atau yang perlu untuk di update baik itu data peserta didik, data guru, maupun data sekolah lainnya.
Perlu di ketahui bahwa tidak semua data yang berhubungan dengan data peserta didik, data guru dan data sekolah lainnya dapat di rubah menggunakan aplikasi dapodik sebab ada beberapa data yang sengaja di kunci pada aplikasi dapodik dan hanya bisa di rubah dengan menggunakan vervalPD untuk perubahan data peserta didik, VervalPTK untuk perubahan data pendidik dan tenaga kependidikan serta vervalSP yang di gunakan untuk mengubah data sekolah.

Apabila anda adalah seorang operator sekolah maka pastinya anda memiliki akses untuk bisa login ke akun verval tersebut yaitu berupa data username dan password yang akan di gunakan untuk masuk atau login ke vervalPD,vervalPTK dan vervalSP. Username dan password tersebut awalnya di peroleh ketika operator sekolah mendaftarkan dirinya sebagai orang yang di tugaskan dalam mengelola aplikasi dapodik di sekolahnya dengan cara melampirkan bukti fisik yaitu berupa surat tugas sebagai operator sekolah yang di di keluarkan oleh kepala sekolah.

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya password yang telah di buat tersebut dapat anda rubah dengan password baru yang sesuai dengan keinginann anda. Hal ini biasanya terjadi apabila password yang lama di anggap sulit untuk di ingat atau password tersebut sudah di ketahui oleh pihak lain sehingga perlu untuk di ganti dengan password yang baru.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk mengubah atau mengganti password yang di gunakan untuk login ke vervalPD,vervalPTK dan vervalSP.
Bagi anda yang ingin mengubah password login ke verval tersebut maka anda dapat menyimak langkah-langkahnya pada bagian di bawah ini :

1.   Pertama-tama silahkan anda login terlebih dahulu ke alamat di bawah ini
http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

2.   Silahkan anda klik login seperti pada gambar di bawah


3.   Kemudian silahkan anda isi username dan passwordnya ( isi dengan password yang lama) kemudian klik “LOGIN”


4.   Setelah berhasil login maka silahkan anda klik nama akun yang ada pada bagian pojok sebelah kanan atas hingga muncul pilihan “ubah password” dan klik tulisan “ubah password tersebut” seperti pada tampilan gambar di bawah ini


5.   Kemudian akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:
Keterangan :
Silahkan isikan sesuai kolom yang tertera:
- Password Lama;
- Password Baru;
- Konfirmasi Password ( isikan kembali kode password baru )
Apabila semua kolom telah di isi maka silahkan klik pada tombol Ubah Password.


6.   Apabila telah muncul peringatan seperti pada gambar di bawah ini maka itu artinya password anda telah berubah.



Untuk membuktikannya maka silahkan anda login kembali dengan menggunakan username dan password yang baru maka password yang baru tersebut akan berfungsi dan anda dapat login namun apabila anda login menggunakan password yang lama maka anda sudah tidak bisa lagi login.

Demikianlah tutorial mengenai Cara mengganti password login vervalpd,vervalptk,vervalsp yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat.
Apabila anda masih membutuhkan informasi lainnya seputar dapodik dan dunia Pendidikan maka silahkan anda kunjungi blog gurusdkuid.blogspot.com



Disqus Comments